SOSIALISASI KE KANTOR DESA/KELURAHAN

Untuk memberikan pemahaman tentang zakat, BAZNAS Lombok Tengah terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat. Pada hari Kamis, 13 Agustus 2020, BAZNAS Lombok Tengah mengadakan sosialisasi di kantor desa Pengadang, Kecamatan Praya Tengah. Hadir dalam sosialisasi tersebut berupa kepala desa, tokoh agama, kadus/kaling (kepala lingkungan), pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) beserta staf desa setempat.

Baznas Lombok Tengah saat memberikan sosialisasi kepada masyarakat di kantor desa Pengadang, Praya Tengah pada Kamis, 13 Agustus 2020

Mewakili pemerintah desa setempat, Zainal Abidin  yang merupakan kepala desa Pengadang mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada BAZNAS Lombok Tengah atas kunjungan ke kantor desanya. Ia juga memberikan apresiasi terhadap kinerja BAZNAS Lombok Tengah dalam mengelola dan mendistribusikan dana zakat yang telah dilakukan sebelumnya.

Dalam sambutannya tersebut, ia juga mengakui bahwa banyak dari warga desanya yang sudah mendapatkan bantuan dari BAZNAS Lombok Tengah. Bantuan tersebut berupa biaya kesehatan, pemberian tambahan modal usaha dan lain sebagainya. Oleh karena itu, ia meminta kepada masyarakatnya untuk tidak segan-segan membayar zakat atau infaknya melalui BAZNAS Lombok Tengah. Pasalnya, dana zakat yang mereka keluarkan pada dasarnya adalah diperuntukkan untuk kebaikan mereka sendiri. Ia juga mengaku kurang enak kalau hanya sebagai penerima zakat saja dan bukan sebagai pemberi. “ Tidak enak rasanya kalau hanya sebagai penerima dana zakat saja. Maka kedepan kita juga harus sebagai pemberi atau menyalurkkannya melalui BAZNAS” Tuturnya di akhir sambutan.

Kedepan, ia akan menyusun Peraturan Desa (Perdes) yang mengatur tentang pembayaran zakat di desanya. Selain itu, ia juga akan meminta kepada tokoh-tokoh agama di desanya agar selalu aktif memberikan pengajian tentang zakat kepada warga agar mereka paham tentang kewajiban serta fungsi zakat bagi kebaikan umat (masyarakat).

Dalam kegiatan sosialisasi ini, BAZNAS Lombok Tengah diwakili oleh TGH Fakhruddin yang merupakan Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan. Dalam pemaparannya, TGH Fakhruddin menjelaskan mengenai fikih zakat, seperti haul, nishab, potensi, serta beberapa hal yang terkait tentang zakat.

Selain itu, ia juga menjelaskan berbagai program yang dimiliki BAZNAS Lombok Tengah. Ia menambahkan seandainya masyarakat Kabupaten Lombok Tengah selalu menyalurkan Zakat, Infaq dan Shadaqah-nya (ZIS) melalui BAZNAS Lombok Tengah, maka hal tersebut akan mampu memberikan kebaikan dan kesejahteraan bagi masyarakat.

Semoga dengan adanya interaksi positif ini, sinergi antara BAZNAS Lombok Tengah dengan pemerintah desa dan para pengurus UPZ semakin maksimal. Dengan demikian, proses pengumpulan dan pengelolaan zakat di Kabupaten Lombok Tengah akan semakin optimal sehingga manfaat dari Zakat, Infaq dan Shadaqah tersebut akan semakin dirasakan oleh masyarakat, khususnya bagi kalangan yang kurang mampu.

#SemestaKebajikanZakat

#ZakatTumbuhBermanfaat

Posted by Humas BAZNAS Lombok Tengah

Please follow and like us:

Post Author: Baznas Lombok Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *