SAMBUTAN KEPALA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA LOMBOK TENGAH

Sambutan Kepala Kantor Kemeterian Agama Kabupaten Lombok Tengah saat menghadiri sosialisasi pembentukan Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) di aula Baznas Lombok Tengah

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kabupaten Lombok Tengah, H. Jalalussayuthi, SS, M.Pd menghadiri Sosialisai Pembentukan Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) yang digagas oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lombok Tengah. Selain pejabat Kementerian Agama, Baznas Lombok Tengah juga mengundang beberapa pejabat lain, seperti Sekretaris Daerah Lombok Tengah dan DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa). Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, yaitu tanggal 28 dan 29 Januari  2020 dan bertempat di aula Baznas Lombok Tengah.

Dalam sambutannya, H. Jalalussayuthi SS, M.Pd menyampaikan beberapa hal yang menjadi perhatian bersama, salah satunya tentang pengoptimalan pengumpulan zakat. Menurutnya,   pembentukan Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) di masing-masing desa sangat penting karena zakat merupakan sumber kekuatan ekonomi umat. Dengan terbentuknya Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) di masing-masing desa, maka pengumpulan zakat di Kabupaten Lombok Tengah akan semakin optimal.

Selain itu, ia juga menyampaikan beberapa kesannya selama menjabat di Kementerian Agama. Salah satunya saat mengunjungi beberapa pondok pesantren di sekitar Lombok. Dalam setiap kunjungannya, ia selalu membawa oleh-oleh berupa mushaf al-Quran, kitab dan alat pembelajaran lainnya yang akan dibagikan kepada para santri. Mereka terlihat sangat gembira dengan pemberian tersebut. Ia berharap agar Baznas Lombok Tengah memfasilitasi beberapa pondok pesantren karena pesantren adalah salah satu pondasi umat untuk menghasilkan pribadi yang berkualitas.

Salah satu sesi dalam sosialisasi tersebut adalah sesi tanya jawab, yaitu antara kepala desa dengan para komisioner mengenai mekanisme pengelolaan zakat. Dalam sesi tersebut, semua kepala desa terlihat begitu antusias. Hal tersebut terlihat dari banyaknya pertanyaan yang berkaitan dengan pengelolaan zakat, khususnya mengenai  proses pembentukan Unit Pengumpulan Zakat. Namun, karena keterbatasan waktu, pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak terjawab semua dan akan  ditindaklanjuti dalam sesi follow-up beberapa hari setelah acara sosialisasi.

#SemestaKebajikanZakat

Posted by Humas Baznas Lombok Tengah

Please follow and like us:

Post Author: Baznas Lombok Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *