Pemda dan BAZNAS Lombok Tengah belajar ke Siak

SAMBANG UPZ

post-images/oJrC191JHv84ZoqUHaIxsTvagTtEx88bQvx7ARb4.png
Wakil Bupati Kabupaten Siak H. Husni Merza, BBA, MM, Bersama Komisioner BAZNAS Kab,. Siak dan Kepala OPD menyambut dengan hangat kunjungan kerja Pemda dan BAZNAS Lombok Tengah, yang berlangsung di Zamrud Room Kantor Bupati, Kompllek Abdi Praja,Di Siak Sri Indrapura, Provinsi Riau.( 26/12/23)
Dalam pertemuan tersebut, Wakil Bupati Siak menyampaikan bahwa kolaborasi erat antara pemerintah daerah danBAZNAS , telah terjalin kuat. Hal ini terlihat dalam Gerakan pengelolaan zakat yang aktif di kabupaten itu.
Masyarakat di daerah ini Alhamdulillah sudah tidak asing lagi dengan zakat, atau BAZNAS karena sosialisasi kita sudah sering di lakukan” ucap H.Husni
Kabupaten Siak merupakan penerima award dari BAZNAS RI, penghargaan pertama yakni dalam kategori koordinasi Zakat terbaik se-Indonesia dan penghargaan kedua sebagai Bupati pendukung Gerakan Zakat Indonesia, sehingga patut bagi Pemda dan BAZNAS Lombok Tengah untuk belajar tentang bagaimana pengelolaan dan Gerakan zakat , hal-hal positif dari Pemda dan BAZNAS Kabupaten Siak.

Dalam paparannya, Wakil Bupati Siak menyampaikan beberapa point penting dalam pemngelolaan zakat di Kabupatennya Bersama BAZNAS yakni Dukungan Pemda wajib diberikan kepada BAZNAS kabupaten. Dukungan tersebut berupa 3 hal pertama Dukungan operasional,  untuk baznas siak tidak kurang dari 1 Milyar per tahun, kedua Dukungan fasilitas, Pemda mengibahkan tanah untuk bangun kantor, dan kantor baznas siak merupakan kantor baznas termegah se Indonesia untuk tingkat baznas kabupaten Kota. Selanjutnya dukungan fasilitas juga berupa kendaraan mobil dan motor. Terakhir dukungan regulasi yang paling penting, dengan di terbitkan regulasi regulasi untuk memaksimalkan pengumpulan di Kab. Siak. Sehingga sampai bulan desember mengumpulkan 24 Milyar tahun 2023.

Kemudian Untuk mengoptimalkan Pengumpulan zakat BAZNAS Kab Siak bermitra dgan pemda, mensosialisasikan Eksistensi Zakat, dan  wakil bupati sebagai duta zakat yang menyuarakan zakat dalam setiap kegiatan pemda.

Bupati Lombok Tengah H.L. Pathul Bahri S.IP,M.AP menyampaikan bahwa berbagai rangkaian kegiatan pembangun dan pemberdayaan Masyarakat di Kabupaten Siak akan dijadikan contoh dan pembelajaran dan mengimplementasikannya dalam Pembangunan di Kabupaten Lombok Tengah juga.
Tidak lupa Bupati Loteng juga menyampaikan progres Pembangunan di Kbaupaten Lombok Tengah yang saat ini sedang berkembang, dan tentunya menjadi program unggulan dari segi Pendidikan yakni beasiswa Kedokteran yang berasal dari dana Non APBD yang sangat  diberikan apresiasi oleh Wakil Bupati Siak pada saat itu.

Di hari lain (27/12/23), pertemuan antar BAZNAS yang dipimpin oleh Ketua BAZNAS Kabupaten Siak H. Samparis Bin Tatan, S. Pd. I, menghadirkan kehangatan dan solidaritas antar BAZNAS, Ketua BAZNAS Lombok Tengah TGH Ma’arif Makmun Diranse, Bersama Wakil Ketua I TGH Lalu Mala Sar’I , dan Wakil Ketua II TGH Maarif Abdul Majid melakukan sharing program dan pengelolaan Lembaga.
Dari pimpinan BAZNAS SIAK menyampaikan bahwa
ZIS yang  terkumpul di SIAK terbagi 2, ada ZIS ASN dan ada ZIS non ASN yang porsi kedua nya masing-masing 50%.Untuk zakat ASN bersumber dari Gaji pokok, TPP dan Sertifikasi. Sedangkan Zakat Non ASN bersumber dari Perkebunan (kelapa sawit, zakat Pertanian padi dan terakhir Zakat Usaha.”

BAZNAS Lombok Tengah diwakili Ketua TGH Maarif Makmun Diranse menyampaikan terimakasih atas penerimaan dan ilmu yang telah dibagi, dan kmeduian akan diterapkan nantinya dalam pengelolaan Lembaga, dan ZIS.

Klik untuk share postingan ini

Share