KEBANGKITAN UPZ (UNIT PENGUMPUL ZAKAT) DESA MAS-MAS

SAMBANG UPZ

202207200144J3N02fOEidS9aeEaCcITdoa3Swp2v6fAJqemPKbA.webp
Kesadaran masyarakat dalam mengeluarkan Zakat, Infak dan Sedekah melalui UPZ (Unit Pengumpul Zakat) terus ditingkatkan.  Desa Mas-mas yang berada di Kecamatan Batukliang Utara contohnya adalah Desa yang sekarang tengah menggencarkan program pentingnya membayar Zakat, Infaq dan Sedekah  melalui UPZ.
Senin, 18 juli 2022, tim pengumpulan Baznas Lombok Tengah melakukan kunjungan yang diwakili oleh H. Khalid Iswadi, dalam kunjungannnya H. Khalid disambut baik oleh Pemerintah Desa dan anggota UPZ yang disana.  Kepala Desa Mas-mas yakni H. Habiburrahman tenyata memiliki strategi jitu dalam mengumpulkan ZIS secara optimal. “kami akan membentuk tim pengumpulan  disetiap dusun  yang nantinya akan bertanggung jawab dalam mengumpulkan ZIS yang ada disetiap lingkungannya, dan kami akan membuat sekretariat di rumah ketua UPZ yakni Ust. Farizi.” ujar Kepala Desa Mas-mas.
Dalam waktu dekat ini Pemerintah Desa dan UPZ juga telah menyiapkan ancang-ancang untuk mengadakan rapat internal dalam penguatan keberadaan UPZ dan meningkatkan hasil pengumpulan. Desa Mas-mas sendiri telah menyerahkan hasil pengumpulan ZIS pada bulan juli ini sebesar Rp. 1.217.000,-. Diharapkan pada panen berikutnya masyarakat lebih antusias dalam menyerahkan Zakat Pertaniannya melalui UPZ. 
Dalam kesempatan yang sama hadir pula BAPENDA Lombok Tengah yakni Bapak Parman yang dulu menjabat sebagai Plt. Kades Jurang Jaler yang lebih dulu merasakan manfaat yang luar biasa dari pembentukan UPZ di Desanya. Bapak Parman sendiri menceritakan bagaimana terbantunya masyarakat kurang mampu dengan adanya UPZ ini. 
Baznas Lombok Tengahmengharapkan UPZ ini bisa menjadi ujung tombak dan menjadi kebangkitan Zakat ditengah masyarakat. selain mengumpulkan Zakat, Infak dan Sedekah, UPZ juga akan membantu Baznas dalam mendata masyarakat yang berhak mendapat bantuan. 

Klik untuk share postingan ini

Share