PENDISTRIBUSIAN RUMAH LAYAK HUNI (MAHYANI) KEPADA WARGA KURANG MAMPU

Kamis, 17 Desember 2020, BAZNAS Lombok Tengah kembali manyalurkan Zakat, Infak dan Shadaqah melalui program Mahyani (Rumah Layak Huni) kepada masyarakat kurang mampu yang berada di Desa Mertak, Kecamatan Pujut. Program ini merupakan kerjasama antara BAZNAS Lombok Tengah dan BAZNAS Provinsi Nusa Tenggara Barat serta berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat.

 Penyerahan bantuan rumah bedah tersebut dilakukan secara simbolis di aula kantor desa Mertak dengan dihadiri oleh beberapa staf desa dan disaksikan oleh masyarakat setempat. Adapun dari BAZNAS Lombok Tengah diwakili oleh TGH Fakhruddin selaku Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan, Muhammad Said al Khudri selaku Kepala Bidang (Kabid) Pendistribusian Zakat beserta beberapa staf pelaksana yang lain.

TGH Fakhruddin, lc yang merupakan Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan Zakat saat memberikan bantyuan bedah rumah kepada masyarakat kurang mampu di desa Mertak, Kamis, 17 Desember 2020

Selain menyerahkan bantuan untuk Mahyani (Rumah Layak Huni), dalam acara tersebut diserahkan pula  bantuan untuk pembuatan jamban bersih. Adapun jumlah warga yang menerima bantuan pada program ini adalah 30 unit untuk rumah layak huni dengan nilai Rp. 480.000.000 (Empat Ratus Delapan Puluh Juta Rupiah) dan 31 unit untuk program jamban bersih senilai Rp. 93.000.000. (Sembilan Puluh Tiga Juta Rupiah). Jadi, total penyaluran Zakat, Infak dan Shadaqah (ZIS) pada program ini di Desa Mertak senilai Rp. 573.000.000 (Lima Ratus Tujuh Puluh Tiga Juta Rupiah).

Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan Zakat, TGH Fakhruddin dalam sambutannya menjelaskan bahwa program bedah rumah ini bukan pertama kalinya dilakukan oleh BAZNAS Lombok Tengah. Namun, program ini sering dilakukan semenjak BAZNAS Lombok Tengah didirikan. Bahkan, dalam penuturannya ia menjelaskan bahwa program ini pernah mendapat apresiasi dari UNICEF (Salah Satu Badan PBB Dalam Bidang Sosial dan Kemanusian).    

Adapun terkait mekanisme pencairan bantuan, BAZNAS Lombok Tengah menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah desa Mertak. Nantinya pihak pemerintah desa-lah yang akan mengatur mekanisme pencairannya. Kamil Ahmadi, selaku Sekretaris Desa Mertak menjelaskan bahwa dana bantuan bedah rumah tersebut nantinya akan disimpan oleh pemerintah desa Mertak terlebih dahulu. Kemudian, warga yang namanya sudah ditetapkan sebagai penerima bantuan bedah rumah tersebut nantinya bisa mengambil bantuan tersebut di pemerintah desa Mertak dalam bentuk bahan bangunan dan diambil sesuai dari kebutuhan penerima bantuan tersebut. “Dana bantuan yang diberikan oleh BAZNAS ini akan dititipkan di kami dahulu, nanti pelinggih (Anda) bisa mengambilnya di kantor desa sesuai dengan kebutuhan yang pelinggih butuhkan dan disesuaikan dengan jumlah yang sudah diambil” ujarnya saat memberikan pengarahan.      

Setelah acara pendistribusian selesai, Tim BAZNAS Lombok Tengah mencoba mengunjungi salah satu rumah warga yang masih dalam proses pembangunan. Ini bertujuan untuk mengetahui prospek serta perkembangan dari rumah warga yang sedang dibangun. Kami berharap dengan program ini, BAZNAS Lombok Tengah mampu memberikan tempat tinggal yang layak huni kepada masyarakat, khususnya kepada masyarakat Lombok Tengah yang berada di bawah garis kemisikinan.

Posted by Humas BAZNAS Lombok Tengah

Please follow and like us:

Post Author: Baznas Lombok Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *