PENDISTRIBUSIAN BANTUAN TAMBAHAN MODAL USAHA BAKULAN TAHAP II

Selasa, 9 Juni 2020 BAZNAS Lombok Tengah melakukan pendistribusian kepada pedagang bakulan yang menjadi binaannya. Acara yang berlangsung di aula BAZNAS Lombok Tengah tersebut dihadiri oleh 48 pedagang binaan yang berasal dari beberapa desa, seperti Desa Bare Julat, Desa Jago, Desa Tiwu Galih, dan Desa Aik Mual.

Staff BAZNAS Lombok Tengah saat memberikan tambahan modal usaha untuk para pedagang kecil

Pendistribusian ini merupakan pemberian tambahan modal usaha tahap kedua yang merupakan lanjutan dari tahap pertama. Artinya, para pedagang bakulan tersebut sebelumnya sudah mendapatkan bantuan tambahan modal usaha dari Baznas Lombok Tengah dan dinyatakan memenuhi syarat untuk melanjutkan pembinaan ke tahap kedua.

Pemberian tambahan modal usaha bakulan merupakan salah satu program BAZNAS Lombok Tengah yang bertujuan untuk membantu para pelaku ekonomi (pedagang) kecil dalam mengembangkan usahanya. Program ini menyasar usaha mikro kecil dan menengah yang tersebar di Kabupaten Lombok Tengah dengan menggandeng Pemerintah Desa dan Kelurahan. Untuk meningkatkan kesejahteraan secara berkesinambungan, maka penyaluran bantuan modal usaha tersebut dilaksanakan secara bertahap dan setiap tahap memiliki jangka waktu selama satu tahun. Tahap pertama berupa bantuan tambahan modal sejumlah Rp. 500.000, tahap kedua sejumlah Rp. 1.000.000, dan tahap ketiga sejumlah Rp. 2.500.000.

Penyaluran bantuan ini diberikan satu kali dalam setahun dan pada akhir tahap akan dilakukan evaluasi oleh BAZNAS Lombok Tengah untuk menentukan apakah usaha yang diberikan bantuan tersebut sudah memenuhi kriteria untuk ke tahap selanjutnya atau belum. Program ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian, usaha, serta kemandirian masyarakat dalam berusaha. Bahkan, mereka yang awalnya sebagai mustahik diharapkan bisa menjadi muzakki dan menjadi inspirasi masyarakat di sekitarnya.

Dalam salah satu kesempatan, kami mencoba mewawancarai salah satu pedagang binaan tersebut mengenai perkembangan usaha yang dijalaninya. Salah satunya adalah H Ahyar Rosyidi, salah seorang pedagang binaan yang berasal dari Desa Jago, Kecamatan Praya. Dalam sebuah wawancara singkat, ia mengakui bahwa usaha yang dijalaninya mengalami perkembangan. Pada awalnya, ia hanya berjualan pentol (cilok). Akan tetapi, setelah mendapatkan bantuan tambahan modal dari BAZNAS Lombok Tengah, ia sudah mengembangkan usahanya dengan berjualan bakso. Bahkan, ia melengkapi warung baksonya dengan fasilitas internet (WIFI).

Di akhir wawancara, ia mengungkapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua muzakki yang telah menyalurkan Zakat, Infak dan Shadaqah (ZIS)-nya melalui BAZNAS Lombok Tengah. Semoga apa yang mereka infakkan mendapatkan balasan dan ganjaran dari Allah SWT, Sang Maha Pemberi Rizki.

Bagi Anda yang ingin menyalurkan Zakat, Infaq, Shadaqah (ZIS) melalui kami,  sahabat bisa menunaikan zakat di kantor BAZNAS Lombok Tengah di Jalan Rinjani No 16. Praya. Adapun untuk layanan Jemput Zakat, sahabat bisa menghubungi kontak (0370) 615 8601.

Atau transfer Bank ke Rekening Zakat :
✓Bank NTB Syariah : 5100305000013
✓Bank Mandiri Syariah : 7779999925

✓Bank Muamalat: 7210051435                                                                  

✓Bank BNI Syariah : 0677707779

#SemestaKebajikanZakat                                                  

Posted by Humas BAZNAS Lombok Tengah

Please follow and like us:

Post Author: Baznas Lombok Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *