PENDISTRIBUSIAN BANTUAN TAMBAHAN MODAL USAHA BAKULAN (PROGRAM EKONOMI)

Kamis, 24 Juli 2020 BAZNAS Lombok Tengah melakukan pendistribusian berupa pemberian tambahan modal usaha kepada pedagang bakulan yang menjadi binaannya. Acara pendistribusian yang berlangsung di aula BAZNAS Lombok Tengah tersebut dihadiri oleh 70 pedagang binaan yang berasal dari beberapa desa/kelurahan, seperti Desa Kopang Rembige (Kecamatan Kopang), Desa Bunut Baok (Kecamatan Praya), Desa Bonjeruk (Kecamatan Jonggat), Kelurahan Panjisari (Kecamatan Praya), dan Kelurahan Praya (Kecamatan Praya).

BAZNAS Lombok Tengah saat mendistribusikan bantuan tambahan modal usaha untuk para pedagang kecil di Kabupaten Lombok Tengah pada Kamis, 23 Juli 2020

Pemberian tambahan modal usaha bakulan merupakan salah satu program BAZNAS Lombok Tengah yang bertujuan untuk membantu para pelaku ekonomi (pedagang kecil) dalam mengembangkan usahanya. Program ini ditujukan kepada pelaku usaha mikro dan menengah yang tersebar di Kabupaten Lombok Tengah dengan menggandeng Pemerintah Desa dan Kelurahan. Untuk meningkatkan kesejahteraan secara berkesinambungan, maka penyaluran bantuan tambahan modal usaha tersebut dilaksanakan secara bertahap (tiga tahap) dan setiap tahap memiliki jangka waktu selama satu tahun.

Penyaluran bantuan ini diberikan satu kali dalam setahun dan pada akhir tahap akan dilakukan evaluasi oleh BAZNAS Lombok Tengah untuk menentukan apakah usaha yang diberikan bantuan tersebut sudah memenuhi kriteria untuk ke tahap selanjutnya atau belum. Pada tahap ketiga, BAZNAS Lombok Tengah memberikan bantuan tambahan modal usaha sebesar Rp. 2.500.000 (Dua Juta Lima Ratus Ribu Rupiah). Namun, bagi pedagang binaan yang sudah mencapai tahap ini  harus mengalami perkembangan usaha yang cukup signifikan. Mereka juga diharuskan untuk mempunyai tabungan dari hasil usahanya dan tergabung dalam koperasi syariah. Hal tersebut bertujuan untuk membangun kemandirian bagi para pedagang tersebut dan tidak terlalu bergantung pada orang lain.

Program ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian, usaha, serta kemandirian masyarakat dalam berusaha. Mereka yang pada awalnya hanya sebagai mustahik (penerima zakat) ke depannya bisa menjadi muzakki (pemberi zakat) dan menjadi inspirasi masyarakat di sekitarnya. Dengan demikian, permasalahan ekonomi yang dihadapi oleh pemerintah daerah pada saat ini lambat laun akan semakin terurai dan bisa diminimalisir.

Bagi Anda yang ingin menyalurkan Zakat, Infaq, Shadaqah (ZIS) melalui kami,  sahabat bisa menunaikan zakat di kantor BAZNAS Lombok Tengah di Jalan Rinjani No 16. Praya. Adapun untuk layanan Jemput Zakat, sahabat bisa menghubungi kontak (0370) 615 8601.

Atau transfer Bank ke Rekening Zakat :
✓Bank NTB Syariah : 5100305000013
✓Bank Mandiri Syariah : 7779999925

✓Bank Muamalat: 7210051435                                                                  

✓Bank BNI Syariah : 0677707779

#SemestaKebajikanZakat                                                  

Posted by Humas BAZNAS Lombok Tengah

Please follow and like us:

Post Author: Baznas Lombok Tengah

4 thoughts on “PENDISTRIBUSIAN BANTUAN TAMBAHAN MODAL USAHA BAKULAN (PROGRAM EKONOMI)

    Saefuddin

    (26 Juli 2020 - 9:01 pm)

    Assalamualaykum..ustas apa syaratx mndpatkn bantuan tambahn uktuk pedagang bakulan

      Baznas Lombok Tengah

      (5 Agustus 2020 - 2:14 am)

      Ampure pelinnggih dari desa mana pak?

      Baznas Lombok Tengah

      (4 November 2020 - 6:15 am)

      Kalau yang itu datanya dari pemerintah desa mas

    MUHAMMAD MANSUR

    (26 Desember 2020 - 1:14 am)

    Tiang memohon.untuk bisa di bantu dlm modal usaha jualan sobgkok NU, sy dari mangkung dusun Emboan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *