PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM BERZAKAT

Di zaman modern ini, pemanfaatan teknologi dalam penghimpunan  zakat telah menjadi kebutuhan. Teknologi juga akan memudahkan lembaga zakat untuk mengolah data dan meningkatkan transparansi laporan keuangannya. Sebelumnya, BAZNAS Lombok Tengah sudah menerapkan teknologi pengumpulan zakat yang dikenal dengan SIMBA (Sistem Informasi Manajemen Baznas), yaitu sebuah aplikasi pelaporan zakat yang langsung terintegrasi secara nasional. Dengan sistem ini, setiap Zakat, Infaq dan Shadaqah yang masuk akan terlaporkan secara langsung dan transparan sehingga tidak mungkin untuk dimanipulasi.

Wakil I Bidang Pengumpulan Baznas Lombok Tengah, TGH saat menerima tamu dari perusahaan LinkAja yang merupakan mitra kerjasama Baznas Lombok Tengah, Jumat, 13 November 2020

Terbaru, BAZNAS Lombok Tengah memanfaatkan teknologi scan QR dalam upaya pengumpulan zakat. Dalam hal ini, BAZNAS Lombok Tengah bekerjasama dengan perusahaan LinkAja, sebuah aplikasi pembayaran atau penyimpanan uang berupa dompet digital (e-wallet) yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia.

 Dalam prakteknya, calon muzakki yang yang berniat berzakat  atau berinfak dan mempunyai saldo di aplikasi LinkAja hanya mengarahkan smartphone mereka kepada kode barcode yang tertera di laman BAZNAS Lombok Tengah, maka secara otomatis calon muzakki tersebut akan diarahkan langsung ke laman pembayaran ZIS. Setelah itu, para muzakki tersebut bisa menentukan jumlah ZIS yang akan mereka keluarkan dengan menentukan nominal di layar smartphone mereka.

Ke depannya, BAZNAS Lombok Tengah juga akan selalu berinovasi untuk menggunakan teknologi terbaik dalam upaya mengumpulkan zakat. Selain untuk efektifitas dan optimalisasi, hal ini juga bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi para muzakki dalam menyalurkan Zakat, Infaq dan Shadaqah-nya sehingga mereka tidak mengalami kesulitan dalam menginfakkan harta mereka di jalan kebaikan.      

Mari berkontribusi membangun daerah ini dengan menyalurkan Zakat, Infaq dan Shadaqah terbaik Anda melalui kami. Setiap rupiah dari ZIS yang Anda keluarkan kami pasti akan menyalurkannya sesuai dengan ketentuan syariat dan undang-undang yang berlaku.

Posted by Humas BAZNAS Lombok Tengah   

Please follow and like us:

Post Author: Baznas Lombok Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *