KEWAJIBAN MEMBAYAR ZAKAT PROFESI

Zakat profesi merupakan salah satu dari dari zakat maal (zakat harta) yang harus dikeluarkan oleh seorang muslim yang sudah memenuhi syarat. Ayat al Quran yang mewajibkan tentang kewajiban membayar zakat profesi terdapat dalam surat Al Baqarah ayat 267 yaitu:

“Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memincingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji (QS Al Baqarah ayat 267).

Dari  ayat Al Quran di atas, para ulama  menetapkan adanya kewajiban mengeluarkan zakat profesi. Hal tersebut terlihat dalam kata “ MIN THOYYIBATI MA KASABTUM “  yang diartikan sebagai penghasilan dan hasil usaha profesi atau dari hasil jasa seseorang.

Beberapa ulama kontemporer yang berpendapat adanya kewajiban membayar zakat profesi yaitu Syaikh Abdur Rahman Hasan, Syaikh Muhammad Abu Zahrah, Syaikh Abdul Wahab Khalaf dan Syaikh Yusuf Qaradhawi. Mereka berpendapat bahwa semua penghasilan melalui kegiatan profesi dokter, konsultan, seniman, akunting, notaris, dan sebagainya, apabila telah mencapai nishab, maka wajib dikenakan zakatnya.

Selain itu, para ulama yang mengikuti Muktamar Internasional Pertama tentang zakat di Kuwait pada tanggal 29 Rajab 1404 H (30 April 1984 M) juga sepakat tentang wajibnya zakat profesi bila mencapai nishab (batas minimal harta yang wajib dizakatkan).

Adapun mengenai waktu pembayaran zakatnya, seorang ulama terkemuka asal Mesir, Syaikh Wahbah Zuhaili dalam kitabnya al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu (Fiqh Islam Dan Dalil-Dalilnya) menjelaskan bahwa zakat profesi boleh dikeluarkan sekali setahun. Namun, diperbolehkan juga membayarnya setiap bulan dengan persentase yang telah ditetapkan (2,5%).

Ayo bersihkan harta kita dengan berzakat….

Insya Allah keberkahan akan menyelimuti kita semua.

 Amin Ya Rabbal Alamin

#SemestaKebajikanZakat

#ZakatTumbuhBermanfaat

Posted By Humas BAZNAS Lombok Tengah.

Please follow and like us:

Post Author: Baznas Lombok Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *