BAZNAS LOMBOK TENGAH SIAP MENERIMA DAN MENYALURKAN HEWAN KURBAN DARI MASYARAKAT

Kurban merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama. Secara bahasa, kata qurban berasal dari Bahasa Arab qaruba-yaqrubu-qurban wa qurbaanan yang bermakna “mendekati”. Makna filosofis yang terkandung dari ibadah ini adalah mengorbankan harta atau materi yang kita miliki sebagai manifestasi untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Baznas Lombok Tengah siap menerima dan menyalurkan hewan kurban dari masyarakat

            Perintah untuk berkurban tidak hanya terdapat dalam al-Quran, akan tetapi terdapat juga dalam hadits-hadits Rasulullah. Dalam Al Qur’an, perintah untuk berkurban bisa dilihat dalam surat Al Kautsar ayat 2 dan surat Al Hajj ayat 34. Namun, terdapat juga ayat-ayat al Quran lain yang secara implisit menerangkan tentang berkurban seperti dalam Surat Al Hajj ayat 28, Surat Al Maidah ayat 2, As Shaffat ayat 102 dan lain-lain

Sedangkan dalam hadits, terdapat beberapa sabda Rasulullah yang menjelaskan akan keutamaan berkurban. Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda: “Barang siapa yang mempunyai kelapangan (kelebihan rizki) kemudian ia tidak berkurban, maka janganlah sekali-kali mendekati tempat sholat kami”. (HR Ibnu Majah). Selain itu,  sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Turmudzi mengatakan: “Tidaklah anak Adam melakukan suatu amalan pada Hari Raya Idul Adha yang lebih dicintai oleh Allah melebihi menyembelih hewan qurban, maka hendaknya kalian merasa senang karenanya.” (HR. Tirmidzi).

Seorang ulama terkemuka asal Mesir, Sayyid Sabiq dalam kitabnya yang terkenal Fiqhus Sunnah menukil sebuah hadits bahwasanya Rasulullah pernah mengatakan bahwa setiap darah yang keluar dari hewan qurban akan meminta ampun kepada Allah atas segala dosa dari orang yang berkurban. Selain itu, terdapat juga hadist dari Imam Turmudzi yang mengatakan bahwa rambut, bulu dan tanduk dari hewan kurban tersebut akan datang di hari kiamat dan memberikan manfaat bagi orang yang berkurban tersebut.

Untuk mempermudah umat Islam dalam melaksanakan ibadah kurban, BAZNAS Lombok Tengah dengan senang hati siap menerima dan menyalurkan hewan kurban dari masyarakat. Bagi Anda yang ingin menyalurkan hewan kurban melalui BAZNAS Lombok Tengah, sahabat bisa menghubungi nomor kontak yang tertera pada gambar atau silahkan datang ke kantor kami di Jalan Rinjani No.16 (Kompleks Masjid Agung Praya).

Mari mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dengan berkurban…..

Posted By Humas Baznas Lombok Tengah.

Please follow and like us:

Post Author: Baznas Lombok Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *