BAZNAS LOMBOK TENGAH SANTUNI RATUSAN ANAK YATIM DI KELURAHAN SEMAYAN

Jumat, 15 Januari 2021 yang lalu, BAZNAS Lombok Tengah memberikan santunan kepada ratusan anak yatim piatu yang terdapat di Kelurahan Semayan, Kecamatan Praya. Acara yang berlangsung di  Masjid Al Mujahidin Terontong, Lingkungan Pancor tersebut dihadiri oleh beberapa figure penting, seperti lurah Semayan, tokoh agama dan beberapa tokoh lainnya. Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Baznas Lombok Tengah, TGH Ma’arif Makmun Diranse beserta TGH Fakhruddin selaku Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan.

BAZNAS Lombok Tengah saat memberikan santunan kepada ratusan anak yatim di Kelurahan Semayan, Jumat, 15 Januari 2021

 Pemberian santunan ini merupakan kerja sama  antara BAZNAS Lombok Tengah  dengan pengurus Unit Pengumpul Zakat Kelurahan Semayan. Adapun sumber dana yang disalurkan tersebut merupakan hasil pengumpulan Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) dari para muzakki yang terdapat di kelurahan Semayan yang dilakukan oleh pengurus UPZ sejak beberapa bulan yang lalu.  

Pemberian santunan ini bukanlah kali pertama yang dilakukan oleh pengurus UPZ Kelurahan Semayan, melainkan telah dilakukan juga sebelumnya, yaitu pada bulan Oktober tahun lalu. Kedepannya, BAZNAS Lombok Tengah beserta Pengurus UPZ Keluraha Semayan akan selalu bersinergi agar santuan-santunan lainnya juga akan kembali dilakukan, walaupun di lingkungan yang berbeda-beda.

Lalu Balyan Wiranegara selaku Lurah Semayan dalam sambutannya mengungkapkan rasa terima kasih sebesar-sebesar kepada semua pihak yang ikut berpartisipasi dan mendukung acara santunan tersebut. Ia juga akan semakin giat bersinergi dengan Pengurus UPZ di Kelurahan Semayan agar masyarakatnya kebih gencar dalam menunaikan ZIS-nya. Lurah yang merupakan lulusan IPDN Pusat di Jatinangor Jawa Barat tersebut ingin meniru negara-negara Islam yang maju dengan manajemen dan pemanfaatan zakat yang  bagus.

Adapun TGH Ma’arif Makmun Diranse yang merupakan ketua BAZNAS  Lombok Tengah dalam sambutannya menyampaikan arti pentingnya zakat dalam bagi kesejahteraan manusia. Beliau menjelaskan bahwa salah satu tujuan pensyariatan zakat adalah untuk memberikan kemaslahatan dan sebagai solusi atas segala permasalahan yang dihadapi umat manusia.

Selain itu, Tuan Guru yang juga merupakan Pimpinan Pondok Pesantren Manhalul Ma’arif Desa Darek, Kecamatan Praya Barat ini juga menjelaskan mengenai sepak terjang  BAZNAS Lombok Tengah dalam membantu pemerintah dalam berbagai bidang kedhidupan, esperti bidang ekonomi, kesehatan, keagamaan dan lain-lain. Dengan segala kontribusinya tersebut, BAZNAS Lombok Tengah telah memperoleh berbagai prestasi, baik di tingkat daerah maupun tingkat nasional. Atas dasar itulah, beberapa BAZNAS kabupaten di seluruh Indonesia, seperti BAZNAS Lombok Utara, BAZNAS Sumbawa sampai Baitul Maal Aceh pun belajar manajemen pengelolaan zakat di  BAZNAS Lombok Tengah.

“ Pelinggih tidak perlu ragu membayar zakat dan shadaqah pelinggih melalui BAZNAS Lombok Tengah. Itu karena semua zakat dan shadaqah yang pelinggih keluarkan tidak akan disalahgunakan sedikitpun. Kami memakai sistem SIMBA sehingga semua zakat dan shadaqah yang dikeluarkan bisa terpantau oleh setiap orang. Itulah sebabnya banyak BAZNAS daerah dari berbagai kota di Indonesia belajar ke kami, bahkan Baitul Maal Aceh yang terletak di ujung Indonesia sana pun belajar kepada kami mengenai sistem pengelolaan zakat” tuturnya di akhir sambutan.

Posted by Humas BAZNAS Lombok Tengah.

Please follow and like us:

Post Author: Baznas Lombok Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *