BAZNAS LOMBOK TENGAH JALIN KERJA SAMA DENGAN RUTAN (RUMAH TAHANAN) KELAS II B PRAYA

Dalam rangka meningkatkan kerja sama dalam pengelolaan zakat serta pembinaan kerohanian, BAZNAS Lombok Tengah mengadakan kerja sama dengan Rutan (Rumah Tahanan) Kelas II B Praya, Lombok Tengah. Acara penanda tanganan kerja sama tersebut dilakukan di kantor BAZNAS Lombok Tengah pada Selasa, 25 Agustus 2020.

Kerja sama yang akan dilakukan oleh kedua belah pihak tersebut tertuang dalam nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) yang ditandai dengan acara penandatangan yang dihadiri oleh ketua BAZNAS Lombok Tengah, TGH Ma’arif Makmun Diranse beserta kepala Rutan (Rumah Tahanan) Kelas II B Praya, Bapak Jumasih,. Selain itu, penandanatanganan nota kesepahaman tersebut juga dihadiri oleh saksi dari kedua belah pihak. Dalam hal ini, pihak Rutan Praya diwakili oleh Bapak Jaliluddin. Sedangkan BAZNAS Lombok Tengah diwakili oleh TGH Fachruddin yang merupakan Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan.


Pimpinan BAZNAS Lombok Tengah saat menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Kepala Rutan Praya, Lombok Tengah pada Selasa, 25 Agustus 2020.

Dalam nota kesepahaman tersebut, disebutkan beberapa poin penting yang menjadi inti dari kerja sama. Diantaranya adalah BAZNAS Lombok Tengah akan rutin memberikan siraman rohani (pengajian) kepada pihak Rutan Praya. Siraman rohani tersebut tidak hanya diberikan kepada narapidana, melainkan juga kepada para pegawai yang ada di ruang lingkup Rutan Praya.

Selain itu, BAZNAS Lombok Tengah juga diwajibkan memberikan beberapa pelatihan kepada para narapidana yang menjadi tahanan Rutan Praya. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan keterampilan kepada mereka sebagai bekal yang akan mereka gunakan saat mereka terbebas nanti.

Adapun untuk pihak Rutan Praya, mereka diwajibkan untuk menyalurkan zakat profesi mereka melalui BAZNAS Lombok Tengah. Zakat profesi yang mereka keluarkan nantinya akan dikumpulkan oleh bendahara Rutan kemudian disetorkan melalui SIMBA (Sistem Informasi Manajemen BAZNAS), sebuah aplikasi penerimaan zakat BAZNAS Lombok Tengah.

Selain itu, pihak Rutan Praya diizinkan  untuk ikut serta dalam beberapa kegiatan BAZNAS Lombok Tengah, seperti pendistribusian zakat kepada para mustahik. Jika mereka berkenan, kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan juga akan dipublikasikan di beberapa media massa yang menjadi partner (mitra) BAZNAS Lombok Tengah.    

Kepala Rutan Praya, Jumasih mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan sesuatu yang sangat positif. Selain untuk BAZNAS Lombok Tengah, manfaatnya juga akan dirasakan oleh pihak Rutan itu sendiri, terutama dalam hal pemberian siraman rohani. Apalagi  narapidana yang mengisi Rutan Praya mayoritas dipenuhi oleh narapidana yang tersandung kasus narkoba dan sangat membutuhkan siraman rohani untuk memberikan kesadaran. “ Rutan Praya mayoritas dipenuhi oleh narapidana yang tersangkut masalah narkoba. Oleh karena itu, penting bagi BAZNAS Lombok Tengah untuk memberikan siraman rohani kepada narapidana tersebut untuk memberi kesadaran kepada mereka” tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua BAZNAS Lombok Tengah TGH Ma’arif Makmun Dirense menyanggupi bahwa lembaga yang dipimpinnya nanti akan memberikan siraman rohani kepada mereka. Nantinya, siraman tersebut akan diisi sendiri oleh beliau dan beberapa pimpinan (komisioner) BAZNAS lainnya. Bahkan, ia juga nantinya akan meminta bantuan dari beberapa mubaligh (penceramah) yang menjadi mitra (binaan) BAZNAS Lombok Tengah yang akan mengisi siraman tersebut jika terdapat uzur syar’i yang membuatnya tidak bisa mengisi pengajian tersebut.

  TGH Ma’arif Makmun Dirense menjelaskan bahwa butuh waktu untuk para narapidana tersebut untuk memberikan kesadaran kepada mereka. Menurutnya, penggunaan kekerasan dalam menangani mereka bukanlah pilihan yang tepat. Mereka harus disadari dengan cara yang lemah lembut. “ Kita harus menyadarkan mereka dengan cara yang lembut dan bukan memakai kekerasan. Sentuh hati mereka dan buat mereka menangis, insya Allah hal tersebut akan membuat mereka sadar” tuturnya di akhir perbincangan.

Posted by Humas BAZNAS Lombok Tengah

Please follow and like us:

Post Author: Baznas Lombok Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *