APRESIASI TAHFIZ AL QURAN BAZNAS LOMBOK TENGAH

Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian, Ustadz Ma’Arif Abdul Madjid, M.Ag Saat memberikan santunan secara simbolis kepada para penghafal Al-Qur’an dari beberapa pesantern di kabupaten Lombok Tengah

Jumat, tanggal 31 Januari 2019, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Lombok Tengah secara memberikan santunan (apresiasi) kepada para huffazh (para penghafal Al-Quran) se-kabupaten Lombok Tengah. Apresiasi tersebut diperuntukkan bagi santri-santri yang masih dalam proses menghafal Al-Quran dari berbagai pesantren di Kabupaten Lombok Tengah.

Apresiasi ini masuk dalam salah program Baznas Lombok Tengah, yaitu Tastura Iman dan Taqwa. Program tersebut merupakan bentuk kontribusi Baznas Lombok Tengah untuk mewujudkan masyarakat yang beriman dan sebagai upaya untuk memotivasi para siswa (santri) agar selalu membaca, menghafal dan mencintai al-Qur’an.

Adapun jumlah apresiasi yang diberikan oleh Baznas Lombok Tengah kepada para santri tersebut didasarkan pada jumlah dan kualitas hafalan dengan rincian sebagai berikut:

  1. Santri yang menghafal 5 juz berhak mendapatkan uang tunai sebesar Rp.300.000- Rp.500.000
  2. Santri yang menghafal 10 juz berhak mendapatkan uang tunai sebesar Rp.600.000- Rp.1.000.000
  3. Santri yang menghafal 20 juz berhak mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 1.100.000- Rp.1.500.000
  4. Santri yang menghafal 30 juz berhak mendapatkan uang tunai sebesar Rp.1.600.000- Rp. 2.000.000.

Ahmad Zia Tohri, salah seorang santri yang sudah mengkhatamkan 30 juz asal Pondok Pesantren Darul Qur’an Desa Nyerot, Kecamatan Jonggat mengungapkan rasa bahagianya saat menerima santunan terebut. Dalam sebuah testimoni singkat, ia mengungkapkan rasa terima kasih yang sebesarnya-besarnya kepada Baznas Lombok Tengah, khususnya kepada para muzakki yang telah menyisihkan sebagian hartanya untuk program ini. Dalam hatinya ia berharap semoga Allah memberikan ganjaran yang setimpal kepada semua pihak yang terlibat dalam program tersebut.

Wakil Ketua III Bidang Pengumpulan, Ustadz Ma’arif Abdul Majid, M.Ag dalam sambutannya mengatakan bahwa program ini adalah salah satu upaya untuk memotivasi para santri agar selalu semangat untuk menghafal Al-Qur’an. Untuk rencana ke depan, para santri-santri tersebut akan difasilitasi dengan Al-Quran digital. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga hafalan mereka supaya tetap terjaga dan tidak dilupakan.

Dalam program ini, Baznas Lombok Tengah memberikan apresiasi kepada 110 santri yang berasal dari berbagai pondok pesantren. Adapun total anggaran yang dikeluarkan dalam program tersebut adalah Rp. 76.000.000 (Tujuh puluh enam juta rupiah). Diharapkan dengan program ini, mampu mewujudkan masyarakat yang selalu membaca, menghafal dan mencintai al-Qur’an.

Posted by Humas

Please follow and like us:

Post Author: Baznas Lombok Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *