SOSIALISASI PEMBENTUKAN UNIT PENGUMPULAN ZAKAT (UPZ)


Wakil Ketua IV Bidang Administrasi dan SDM Baznas Lombok Tengah, Ustadz Abdul Hakim, MP saat menjadi narasumber dalam sosialisasi pembentukan Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) tanggal 28 dan 29 Januari 2020 lalu.

Dalam soisialisasi tersebut, ia menegaskan bahwa pada intinya Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) dibentuk  untuk mengumpulkan zakat dari masyarakat umum. Adapun UPZ yang akan dibentuk oleh Baznas Lombok Tengah akan bertugas di masing-masing desa. Zakat yang terkumpul di masing-masing desa tersebut selanjutnya disetorkan ke Baznas Kabupaten secara transparan. Setelah itu, pihak Baznas Lombok Tengah akan meminta kepada staff di masing-masing desa untuk mendata warganya yang kurang mampu. Jika warga yang didata tersebut memenuhi syarat menjadi mustahik, maka Baznas Lombok Tengah akan mencairkan secara langsung kepada yang bersangkutan.

Lebih lanjut, Ustadz Abdul Hakim, MP mengungkapkan bahwa pengumpulan zakat oleh Baznas Lombok Tengah selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Pendapatan tersebut diperoleh dari zakat Pegawai Negeri Sipil (PNS), pegawai BUMN dan para pengusaha. Pada tahun 2019 lalu, Baznas Lombok Tengah berhasil mengumpulkan zakat sebanyak 10 miliar rupiah.

Ia berharap juga di masa mendatang semua zakat dapat dihimpun secara maksimal melalui Baznas Lombok Tengah. Dengan terbentuknya UPZ di masing-masing desa tersebut akan memberi peluang bagi Baznas Lombok Tengah untuk mendapatkan zakat yang lebih besar lagi. Dengan demikian, perolehan zakat akan semakin maksimal sehingga mampu mempercepat pengentasan kemiskinan.

#ZakatTumbuhBermanfaat.

Posted by Humas Baznas Lombok Tengah

Please follow and like us:

Post Author: Baznas Lombok Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *